Senin, 16 April 2012

DAN SAYA PUN BICARA TENTANG GANK MOTOR

SALAM ABADI ( ITU SALAH SATU salam HAS GANK RADIKAL ANAK BANDUNG)



Saya berani taruhan rata-rata semua ORANG Tau tentang geng motor di bandung yang tersohor itu. Yak tak dipungkiri, setelah masuk dalam pemberitaan di beragam media perihal geng motor ini menjadi konsumsi dan pengetahuan umum bagi masyarakat indonesia. Tapi apakah KITA bener-bener paham mengenai apa itu geng motor, bagaimana cara rekrutmen anggotanya, mengapa hal ini menjadi masalah yang tak kunjung selesai di masyarakat bandung umumnya, dan seribu satu hal lainnya. Maka reportase kali ini sengaja disusun oleh penulis untuk membeberkan sosok sebenarnya dari geng motor ini.

Sejarah dan 4 geng motor terkenal di bandung

Sebenarnya geng motor terbentuk akan kesamaan hobi ngebut dengan motornyabaik di siang maupun malam hari. Susahnya mencari event otomotif di tahun 80-an juga merupakan salah satu motif berkumpulnya anak muda kemudian membentuk geng demi hobi ngebut dijalanan.
Pada saat itu, walaupun sering terjadi kebut-kebutan yang cukup mengganggu tapi geng motor belumlah se-brutal sekarang. Saat itu, menurut narasumber penulis (salah satu eks pentolan geng motor tahun 80-an), apabila ada masalah maka akan diadakan duel resmi antara individu-individu yang bermasalah dan disaksikan oleh para “tetua”. Seiring dengan perkembangan zaman dan jumlah anggota, terjadi perubahan dalam arti solidaritas, keberanian, serta tujuan yang berujung pada pertikaian yang melibatkan gerombolan kelompok dan tentunya mendatangkan korban masyarakat biasa.
Hingga saat ini tercatat ada 4 geng motor yang terkenal di bandung. Ada XTC (eXalt To Coitus), GBR (GraB on Road), Moonraker, Briges (BRIGadir Seven). Keempat geng ini memiliki tujuan untuk menghasilkan anggota dari kalangan SMP atau SMA (laki-laki maupun perempuan) yang “solider” dan “berani” dan telah memiliki banyak cabang didaerah jawa barat lainnya (walaupun pusatnya tetaplah di kota bandung dan sekitarnya).\
Apa arti “solider” dan “berani”? Arti “solider” dan “berani” disini dapat merujuk pada temuan “buku putih” dokumen wajib milik anggota geng motor itu sendiri. Pada tahun 1999 kepolisian bandung menemukan dokumen setebal 20 halaman yang memuat tiga doktrin utama geng motor, anggota harus berani melawan polisi dengan pangkat komisaris ke bawah, anggota harus bernyali baja dalam melakukan kejahatan dan anggota harus berani melawan orang tua.
Selain doktrin tersebut, masa pengospekan yang sedemikian rupa seperti keharusan berkelahi, keharusan merusak, keharusan minum dan lainnya adalah alasan utama yang membuat anggota geng motor sekarang menjadi sedemikian brutal dan menjadi momok dimana-mana. Sekarang mari kita tilik satu persatu geng motor yang sering kompasianer dengar dari berbagai forum yang ada.
penomena gank motor saat ini meresahkan banyak orang sehingga sy.. tergerak mengumpulkan data tentang komunitas ini, gank motor mulai di kenal sebagai gank radikal tak lepas dari kehidupan sebuah kota di jawa barat yaitu kota bandung..sebagian orang menganal bandung adalah kota dng sejuta keindahan tapi di balik itu menyimpan sebuah nama seram yaitu gank motor bandung//
di bawah ini beberapa nama gank motor di kota bandung... hmm... siapakah mereka..?..

bandungundercover.doc



1. BBC
Barangkali remaja tahun 60 – 70 an Bandung masih ingat geng remaja beken di Bandung antara lain Buahbatu Boys Club (BBC) yang legendaris. Sesuai dengan namanya BBC memang berpusat di kawasan Jl Buahbatu dan sekitarnya 2. AMX”
kumpulan remaja Jalan Gatot Subroto bandung
3.Oyster
yg bermarkas di jl. kerang, bandung ,
4.Phanthom
geng-ini menginduk pada geng besar seperti BBC
(Jl Kancra dan sekitarnya),
5. Bachelors (Jl. Pelanduk dan sekitarnya), 
6.Barrolls (Jl. Buahbatu Dalam dan sekitarnya), 
7.GI (Jl Lele dan sekitarnya), 
8.Macho (Jl. Macan dan sekitarnya), 
9. Melos (Jl. Lodaya ),
10.Alcatraz. Geng-geng kecil inilah kemudian disebut sebagai “smallgroup” nya BBC yang disadari atau tidak membentuk organisasi yang bersifat “federasi“

11. AMX“, singkatan dari Anak Muda Xavaleri. crossboy dari kawasan Jalan Gatot Subroto  Bisa jadi karena di Jl. Gatot Subroto memang ada komplek tentara korp kavaleri. 
12. crossboy Pathorados dari kawasan Jl Patrakomala dan Tongkeng. Hampir sama dengan AMX kelompok ini lahir di kawasan komplek militer (istilahnya waktu itu anak kolong). Geng geng ini juga cukup disegani karena keberaniannya.

13.Tiger Mambo Pada tahun 1950-an, geng ini sangat terkenal di kalangan crossboys. Para remaja yang umumnya etnik Ambon “Indo-Belanda” itu biasa mangkal di sekitar Jln. Riau (Jln. L.L.R.E. Martadinata sekarang). Mereka sangat disegani karena anggotanya pemberani dan jagoan berkelahi. Pada masa berikutnya, di kawasan Jl. Cipaganti dan sekitarnya, ada pula geng remaja yang disegani, mereka dikenal dengan nama “Boxty“. Para anggotanya bukan sekadar pemberani, tetapi memiliki keterampilan tinju, karena mereka petinju-petinju amatir.


14. BRIGEZ(bandung auto sport club)

BRIGEZ..kepanjangan dari nama Brigade Seven,yang pada awalnya di bentuk dengan tujuan dan orientasi untuk mempertahan harga diri skelompok pelajar asal SMA negeri 7 bandung yang pada saat itu terlibat tawuran antar pelajar SMA di bandung.

setuju atau pun tidak,kota bandung pada saat itu merupakan kota yang rawan akan perkelahian antar pelajar,maka dengan alasan itulah gank ini dibentuk oleh para pendirinya yang sampai sekarang sebagian dari mereka ada yang masih aktif,bahkan di dewakan oleh para anggotanya yang kini tersebar luas sampai ke seluruh wilayah jawa barat bahkan wilayah DKI jakarta dan sekitarnya.

AWAL MULA TERBENTUK.

menurut cerita salah satu seniornya,ketika itu salah satu pendiri dari gank ini dengan atribut lengkap layaknya seorang pelajar SMA salah satu SMA negeri terkemuka di bandung sedang duduk menikmati sebatang rokok di sebuah warung pojok di kawasan kota bandung,dengan alasan mabal sebagai tren pelajar SMA pada masa itu dia nongkrong sendiri menghabiskan waktu sambil menunggu rekan-rekannya pulang dari aktivitas sebagai pelajar.

Namun dengan tiba-tiba datanglah tujuh orang pemuda dengan pakaian dan seragam yang sama namun rupanya dari sekolah yang berbeda ikut nimbrung dengan seorang pelajar tadi,cerita punya cerita rupanya mereka sama-sama mempunyai alasan yang sama,mengapa pada saat waktu yang seharusnya mereka berada di suatu tempat yang namanya sekolah,mereka malah asik menghabiskan waktu dengan nongkrong di warung pojok.

singkat cerita,seorang pelajar dan di tambah tujuh orang pelajar yang baru datang tadi saling bercerita ngalor ngidul layaknya teman lama yang telah lama tak bersua.,namun tiba-tiba pada saat mereka tengah asik berbagi cerita,datanglah sekelompok pelajar lain yang rupa-rupanya mereka berasal dari salah satu sekolah kejuruan (STM),dengan tanpa basa-basi mereka langsung mengadakan serangan mendadak membabi buta ke arah delapan orang pelajar SMA yang tengah asik ngobrol tadi.Spontan saja ke delapan orang pelajar SMA tadi mengadakan perlawanan.Namun apa hendak di kata,sekuat apa pun ke delapan pelajar SMA itu mengadakan perlawanan,jumlah merka kalah banyak dibanding jumlah para pelajar STM itu,dengan terpontang panting akhirnya ke delapan pemuda itu berhasil meloloskan diri.

singkat cerita.,dua minggu berlalu dasar jodoh akhirnya mereka ke delapan pelajar SMA itu bertemu lagi meskipun salah satu dari mereka berasal dari sekolah yang berbeda,dan karena mempunyai hobi yang sama sebagai pecinta otomotif khususnya motor selain mereka merasa mempunyai ikatan solidaritas yang terjalin dari tawuran tempo hari.,akhirnya BRIGEZ BANDUNG AUTO SPORT terbentuk dengan kepanjangan dari Brigade Seven yang mengambil nama dari asal sekolah mereka yaitu SMAN 7.

SEPAK TERJANG BRIGEZ
salah satu contoh peristiwa pembantaian yang terjadi di jalan layang kiara condong akhir 2007 lalu yang menelan satu korban jiwa,itu terjadi karena mereka merasa panji kebesarannya dinjak-injak walau pun salah satu senior dari mereka BENET dan rekan-rekannya di bekuk dan di vonis masing-masing 9 tahun penjara dengan tuduhan pembunuhan berencana dan dikenakan pasal 340 KUHP.namun meski telah di jatuhi hukuman penjara,BENET tetaplah dijadikan icon BRIGEZ sebagai senior yang mempunyai loyalitas oleh para anak-anak didiknya di BRIGEZ.
15. XTC
merupakan salah satu gank motor radikal di kota bandung yg sering meresahkan masyarakat.. gank ini juga adalah musuh dari gank brigez
yang unik dan mengerikan dari gank ini siapapun anggotanya yg membelot atau keluar akan dipotong jarinya.. hmm.. mengerikan..Belakangan, dua geng yang namanya masih mencuat ialah Brigez dan XTC. “Perang” geng antarkeduanya kerap terjadi. Terkadang meminta korban luka hingga korban jiwa. Kasus terakhir, tewasnya Sandy Kurnia alias Tile saat terjadi ”perang” geng motor Brigez dan XTC di Jln. Saturnus Raya, Bandung, Sabtu, 11 Agustus 2007 lalu.
16.moonraker
gank motor ini merupakan gank motor radikal di kota bandung ..musuh dari gank XTC.Inilah konon ruh dari semua geng motor di Bandung.Moonraker lahir pada tahun 1978. Sel-sel komunitas ini, dirajut oleh tujuh orang pemuda yang sama-sama hobi balap.

Nama “Moonraker” diambil dari salah satu judul film James Bond yang kondang ketika itu. Awalnya mereka mengusung bendera berwarna putih-biru-merah dengan gambar palu arit di tengahnya. Namun, karena pemerintah Indonesia saat itu melarang ideologi tertentu yang identik komunisme (yang bersimbolkan palu arit), mereka lalu mengganti bendera kebanggaannya dengan warna merah-putih-biru, bergambar kelelawar. Gambar ini mereka adopsi dari lambang “Hell Angel”, sebuah kelompok motor di Amerika Serikat. Kelompok ini konsisten dengan sistem keorganisasiannya. Setiap tahun ada penggantian kepengurusan dan membuat program-program kerja. Struktur Organisasinya terdiri atas Divisi Balap, Panglima Perang (Paper), dan Tim SWAT atau regu penyelamat.
17. GBR
Pendiri anak genk motor GBR (Grab On Road) Kang Hi Healke




pesan dari seorang sahabat yg inspiratif.. Malvi A>B
GANK MOTOR
Anak alay, ABG labil, bencong yg kalo berulah beraninya keroyokan, sampah masyarakat, pemabuk, pemakai dan pengedar narkoba dll yang suka mabuk dan balapan liar di jalanan dan nongkrong mabuk di pinggir jalan berjejer merasa paling jagoan, bahkan sebagian besar mereka adalah anak SMU dan Kuliahan, sangat mengganggu masyarakat, daripada dibakar masyarakat, mending pita kuning aja yg ngasih pelajaran. Korban pita kuning sebagian besar adalah anak muda nganggur, pelajar gak mau belajar padahal sudah mau UN, hobi nongkrong malam bahkan dinihari, mabuk, dan balapan liar gak jelas.
Pelindung dan beking Geng Motor sebaiknya belajar dan mawas diri, dengan bekingan yg dirasa super power, geng motor menganiaya dan membunuh orang seenaknya, sekarang kena batunya, yg dianiaya dan dibunuh secara sadis adalah prajurit AL. Mungkin ketika kejadian, geng motor ini dalam pengaruh obat terlarang atau dalam pengaruh minuman keras.
KepadA seluruh orang tua, supaya mengawasi dan membesarkan dengan baik anaknya, jangan dibiarkan anaknya menjadi alay dan ABG labil sampah masyarakat.
Sebagian alay yg berjejer di pinggir jalan malam hingga dinihari itu patut dicurigai, apa yg mereka lakukan malam2 bahkan dinihari? kenapa mereka tidak belajar jika mereka pelajar? kenapa mereka tidak tidur jika paginya mereka kuliah atau bekerja? apa yg sebenarnya akan mereka lakukan dinihari? jelas, balapan liar, mabuk, ngedrugs, dan kemudian melakukan kejahatan dan kriminal supaya dianggap jagoan oleh rekannya?
Mau jadi apa negara ini jika generasi mudanya berbuat maksiat, merugikan masyarakat, mengganggu ketertiban umum, merusak kenyamanan, dengan berjejer di pinggir jalan ikut geng motor bencong?
Sekarang pita kuning (seandainya benar mereka oknum) menuntut balas atas kematian rekan mereka, seluruh masyarakat dari bodoh hingga cerdas sudah tau bahwa oknum ini memiliki tingkat solidaritas yg tinggi yg turun temurun, jangankan orang awam, markas polisi pun bisa mereka hancurkan, pita kuning ini mungkin berprinsip "loe jual gua beli" dan ajaibnya belakangan ini anak alay dan ABG labil di Ibukota yg nongkrong gak jelas perlahan mulai lenyap dan tengkurap !! mana jiwa jagoannya dulu yg berkobar2? mana pengangguran yg mabuk tiap malam? mana pelajar yg kelayapan hingga dinihari? mana yg dulu merasa jagoan dengan menggeber gas motor hingga menyusahkan orang? mana sampah masyarakat yg suka nongkrong di pinggir jalan berjejer dan mengganggu? mana beking geng motor yg katanya super dan hero bisa melindungi apapun??
Namun demikian tetap pita kuning bersalah juga karena main hakim sendiri, namun itu juga tak dapat disangkal karena aparat yg seharusnya menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat tak dapat diandalkan ketika berhadapan dengan geng motor ini, entah karena anggota geng motor ini adalah anak perwira dan atasan mereka entahlah.... namun hukum tetaplah hukum yg harus dihormati.
Geng motor melatih anggotanya yg masih anak smu maupun anak kuliahan maupun anak pengangguran untuk sedari dini belajar judi, tawuran, narkoba, mabuk. Apa gunanya kegiatan sampah seperti ini?????
Untuk pita kuning, lain kali kalo mau beraksi pastikan korbannya adalah benar2 geng motor sampah masyarakat, diamati dan di inteli dulu dalam kurun waktu yg cukup untuk memastikan mereka sampah masyarakat, bila perlu pake bukti bahwa korban adalah sampah masyarakat, jangan ngawur asal balas dendam....(nice words malv..).. 5 jrmpol 1 lagi pinjem tetangga yaa. punya ku cuma 4 jempol hehe

.. edannn.. sy ngobok2 kota bandung ternyata banyak meyimpang sebuah komunitas unik tp menyeramkan.. capee ahh.. ini aja yg bisa sy dapet walau sebenarnya masih banyak gank motor di kota kembang .. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar