Kamis, 12 Juli 2012

SURAT DARI SEORANG CEO BAKRIE GROUP

 lanjutan dari : ANDAI AKU JADI CEO BAKRIE GROUP//ANDAI AKU JD ANAK ANGKAT ABURIZAL BAKRIE//BERBISNIS DNG MENGHARGAI KEARIFAN BUDAYA


 DEAR: SELURUH KELUARGA BESAR BAKRIE GROUP

bakrielogos
kesibukan dan penggunaan lingkungan oleh sebuah perusahaan yg tidak memperhatikan interaksi alam membuat rakyat kita jenuh,membuat sebuah perusahaan itu bergerak tapi tidak akan tumbuh. membuat pekerjaan tidak kita nikmati dan relasi antar lingkungan hanya berdasar kepada keuntungan saat ini, stres yg akan berdampak kepada kemarahan bahkan kekerasan sangat mungkin terjadi. BAKRIE GROUP sebagai perusahaan besar harus sadar akan pentingnya interaksi dengan lingkungan agar melahirkan hubungan yg harmonis antara perusahaan dan warga sekitar.
bakrie group adalah suatu coorporate yg harus bergerak dengan format BERBISNIS DENGAN MENGHARGAI KEARIFAN BUDAYA , artinya setiap sikap dan perilaku bisnis BAKRIE GROUP di dunia ini harus selalu melibatkan dan menghormati budaya agar tak ada benturan dan jika pun ada benturan lingkungan akan tetap berpihak kepada BAKRIE GROUP.
konsep BERBISNIS DENGAN MENGHARGAI KEARIFAN BUDAYA harus jauh2 hari ditanamkan ke dalam sendi2 kehidupan rakyat sekitar, agar bakrie group mengalir bersama denyut nadi dan aliran darah kehidupan sebuah bangsa.
setiap langkah bisnis bakrie group harus menyenangkan dan inspiratif bagi kemaslahatan rakyat, dalam bentuk prakteknya BAKRIE GROUP harus profesional kpd standar kerja, memperhatikan kepuasan dan kenyamanan rakyat
melalui   konsep  BERBISNIS DENGAN MENGHARGAI KEARIFAN BUDAYA diharapkan  bakrie groupbisa dan mampu membangun serta menumbuhkan iklim kerja dan sikap kerja saling mendukung, profesional dan menyenangkan baik untuk perusahaan ataupun diluar perusahaan.
bakrie grup selain berorintasi kepada keuntungan diharapkan juga mampu menekankan nilai2 kepada jajarannya/direksi/staff nya , diantaranya:
1. nilai kemanusiaan
atau istilah lainya humanis, dalam menjalankan bisnis harus menekankan bahwa mencintai manusia merupakan dasar  kita bertindak dalam menjalankan roda bisnis. nilai kemanusiaan ini bukan berarti mengatasnamakan agama/keyakinan, ,nilai kemanuasiaan adalah nilai yg bisa diterima oleh semua manusia/golongan.
2. nilai lingkungan
nilai lingkungan seyogya nya mendapat prioritas ke 2 setelah kemanusiaan, krn manusia tdk akan lepas dari keberadaan lingkungan(tempat berpijak). jika bakrie group mampu memperlakukan lingkungan secara alamiah dan berorientasi jangka panjang ( bukan berorientasi sesaat) akan berdampak kpd meningkatnya kualitas warga sekitar ( rakyat Indonesia). bakrie group diharapkan bisa membahar isu global warming/go green bukan hanya sebatas jargon.
3. nilai empatik
bakrie group dalam menjalankan sktifitas bisnisnya diharapkan sadar akan nilai2 kemanusiaan yg akan mendorong lahirnya sifat/sikap empatik.tidak ada yg sempurna di dunia ini, jika kita (bakrie group) terbiasa dengan lingkungan , sy yakin rakyat pun akan empati dan merasakan apa yg kita rasakan (bakrie group)
4. nilai solidaritas
manusia tidak sendiri , begitupun bakrie group di dunia ini tidak sendiri , bakrie group mampu mencapai kesuksesan  karena menyertakan peran manusia lain, sy tidak ingin bakrie group dalam menjalankan roda bisnisnya tidak menyertakan /melibatkan peran lingkungan dan kultur.
5. nilai sportif
bakrie group sbg sebuah perusahaan dalam sebuah negara wajib mentaati peraturan yg sudah di rumuskan. mau mengakui sebuah hasil proses itulah sportifitas dalam berbisnis, berani dan lapang dada menerima realita dan harus tanggung jawab.
6.nilai kompetisi
bakrie group wajib menjunjung nilai kompetisi, semangat berkompetisi harus ditumbuhkan agar bisa memberikan yg terbaik untuk perusahaan agar menginspirasi kpd anak perusaahaan/staff untuk selalu berinofasi, sehingga akan meningkatkan kualitas dan produktifitas suatu perusahaan.

libatkan lingkungan/kultur/rakyat kedalam bagian dari team bakrie group. efektifitas atau performa sebuah perusahaan sangat ditentukan oleh kondisi & karakter setiap unsur didalam perusahaan itu. bagaimana pola fikirnya, perilaku,komunikasi dan kerjasama. Menyadari hal itu team solid merupakan jawaban yg tak bisa diabaikan begitru saja dalam mencapai kemajuan sebuah perusahaan. dng menganggap rakyat adalah bagian dari team bakrie group(BUKAN DIPANDANG HANYA SEBAGI OBJEK) maka akan menciptakan sekumpulan orang yg punya tujuan sama dan bekerja sama dng peran dan aturan masing2. rakyat bukan lagi objek tapi patner yg akan selallu mendukung sepak terjang bakriue group di saat senang maupun susah.

"SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE 70 
KEPADA SEMUA JAJARAN DIREKSI BAKRIE GROUP"
HERADOC2012

 ada pepatah 'DIMANA KAKI BERPIJAK DISITU BUMI DIJUNJUNG" jika bakrie group mampu dan mau berbisnis dengan menghargai kearifan budaya akan muncul peribahasa baru DIMANA KAKI BERPIJAK DI SITU BAKRIE (ABURIZAL BAKRIE) DIJUNJUNG.Tri Matra Bakrie, yakni : KeIndonesiaan, Kemanfaatan dan Kebersamaan, jng hanya sebuah catatan, amanat sang pendiri bakrie "satu rupiah yg di hasilkan bakrie group harus bermanfaat bagi bangsa" jng hanya sebuah amanat usang, tp jadikan amanat itu adalah suatu kehormatan yg harus direalisasikan.  MAJU TERUS BAKRIE GROUP. MAJU TERUS ABU RIZAL BAKRIE. SUKSES SELALU. AMIN

salam

 HERA ENICA  LUBIS
heradoc2011




Tidak ada komentar:

Posting Komentar